keduDESA BANDUNGGEDE KECAMATAN KEDU

Wilayah Kecamatan Kedu yang merupakan salah satu dari 20 kecamatan di kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kecamatan Jumo, Ngadirejo dan Parakan, Wilayah Utara dengan Kecamatan Jumo, Gemawang dan Kandangan, Sebelah Timur dengan Kecamatan Kandangan dan Sebelah Selatan dengan Kecamatan Temanggung dan Bulu. Yang  terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 800 m dpl dengan suhu antara 29 oC dan 18 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Kedu luas wilayah 3.496 ha, dengan jumlah penduduk 52.542 orang dan mempunyai 14 desa.
Salah satu dari 14 desa di Kecamatan Kedu adalah Desa Bandunggede yang terletak di ketinggian 767 m dari permukaan laut dan berjarak 12 km dari ibu kota Kecamatan Kedu dan 18 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 373,44 ha yang terbagi dalam lahan sawah 216,24 ha dan lahan bukan sawah 157,2 ha. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunan/pekarangan, Ladang/tegal/huma, Hutan Rakyat, Perkebunan Negara/Rakyat  dan lahan lainnya.
Desa Bandunggede terdapat 7 dusun yang terdiri dari 7 Rukun warga (RW) dan 26 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 1.250 Rumah tangga. Jumlah penduduk 4.238 jiwa terdiri dari 2.089 jiwa Laki-laki dan 2.149  jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermatapencaharian Petani tanaman pangan, Peternak, Petani Perkebunan, Petani Tanaman Kehutanan, Industri pengolahan, Bangunan, Pedagangan, Hotel & Rumah Makan, Pengangkutan & Komunikasi, Jasa-jasa dan lainnya.
Untuk sumber air minum berasal dari Sumur dan Air Sungai. Dan untuk penerangan 991 menggunakan PLN.
Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas 11 orang, Tamat Akademi 7 orang, Tamat SLTA/sederajat 132 orang, Tamat SLTP/ sederajat 352 orang, Tamat SD/sederajat 2.072 orang, Tidak tamat SD 599 orang, Belum tamat SD 626 orang dan Belum/ tidak sekolah 65 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 3 unit TK, 3 unit SD, – unit SMP/Mts dan – unit SMU.
Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan – unit Puskesmas, – Puskesmas pembantu, 7 unit Posyandu,  1 unit Polides, 4 Bidan/Perawat/Mantri dan 7 orang Dukun Bayi.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Padi, Jagung, Ketela Rambat, Kacang Tanah dan Kedelai. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe. Buah-buahan yang dikembangkan adalah Rambutan, Pepaya, Pisang, Klengkeng, Mangga, Durian dan Jeruk. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Tembakau, Kopi, Panili, Cengkeh, Kalulogo, Kelapa, Jahe dan Kapuk.
Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi, Kerbau, Kambing/domba, Ayam buras,Ayam Pedaging, Ayam Ras dan Itik

 

Sumber:KLIK